PT Donggi Senoro LNG Sosialisasikan Program CSR, Begini Respons Masyarakat Desa Uso

Senin 21 Maret 2022 Pukul 15.30 WITA Tim Sosialisasi Program CSR Rumah Pendampingan Bonua Monondok mendatangi kantor Balai Desa Uso. Sebelum itu, Bonua Monondok telah memberikan undangan kepada pihak Pemerintah Desa Uso dan beberapa Pemerintah Desa dan kelurahan Se-Kecamatan Batui terkait pelaksanaan Sosialisasi ini. Untuk Desa Uso, Sosialisasi tersebut di hadiri Kepala Desa, Ketua BPD, Tokoh Perempuan, Pengurus Karang Taruna dan beberapa unsur Pemerintahan Desa Uso.

Program CSR melalui rumah pendampingan Bonua Monondok ini merupakan program lanjutan yang sudah dilaksanakan pada tahun 2021. Program ini bertujuan untuk menciptakan hubungan yang baik antara perusahaan dan masyarakat dengan konsekuensi jika program ini tidak mencapai target dan tujuan maka perusahaan akan mempertimbangkan kelanjutan program ini. Selain itu, Program ini merupakan bentuk dukungan terhadap pemerintah baik di tingkat desa maupun daerah kabupaten, provinsi dan nasional dengan harapan tidak terjadinya tumpang-tindih program perusahaan dan pemerintah. Program ini lahir dengan berdasarkan asas keadilan pada tiga kecamatan di ring satu. Dalam pelasanaannya, Struktur Organisasi Bonua Monondok terdiri dari Tim CSR DS-LNG, Pengelola, Komite Bonua Monondok, Karang Taruna Kecamatan dan Sangalu Bonua.

Kepala Desa Uso, Saudin Saudidi memimpin secara langsung dengan memberikan sambutan dengan menyampaikan kritik dan sarannya. Selaku Ketua Forum Kepala Desa se-Kecamatan Batui, Kepala Desa Uso berkomitmen untuk mendukung Program CSR dengan catatan pihak CSR memfasilitasi para kepala desa dan lurah di Kecamatan Batui selama proses pelaksanaan program tersebut tidak seperti tahun sebelumnya yang masih terkesan kurang diperhatikan. selanjutnya Kepala Desa mempersilahkan kepada pihak CSR DS-LNG untuk memaparkan materi sosialisasinya kepada audience dalam hal ini perwakilan masyarakat Desa Uso.

Setelah mempresentasikan program-programnya, Kepala Desa mempersilahkan kepada Tokoh masyarakat yang hadir untuk menanggapi program yang ada. Penanggap pertama dari Ketua Lembaga Kemasyarakatan Desa (LPMD) Uso Pak Ilwan M. Hasan, meminta agar Peraturan daerah terkait CSR agar dicabut karena sudah tidak sesuai dengan situasi yang ada. Selain itu Ia juga menyampaikan agar lembaganya dilibatkan dalam pelaksanaan program CSR. Menutup penyampaian tanggapannya, Ia meminta agar Rumah Pendamping di pindahkan ke Desa Uso.

Tanggapan selanjutnya dari Ketua BPD, Dirwan Manggulele. Ketua BPD menyampaikan kritikannya terhadap mekanisme penyusunan program CSR tahun 2022. Ia meminta seharusnya ada koordinasi awal tentang bagaiman hasil program di 2021 berupa kekurangan dan realisasinya. Ia juga menyarankan agar dana program terhadap Desa Uso diberikan lebih sebagai desa prioritas dan jatah sapi kurban pada hari raya Idul Adha diberikan satu ekor hanya untuk Desa Uso. Ia juga menutup dengan sarannya agar Bonua Monondok di pindahkan di Desa Uso dan program-program yang ada di Karang Taruna agar dapat d respon pihak CSR.

Tak hanya kedua penanggap diatas, Ibu Israwati Dasa turut memberikan tanggapannya menyoalkan kegiatan pengajian dengan budget 10 Juta yang Ia ketahui kegiatannya tidak begitu jelas pelaksanaannya. Turut juga menambahkan Ibu Riny, selaku Ketua Tim Penggerak PKK Desa Uso meminta kepada pihak CSR untuk memberikan Rumah pendampingan tersendiri untuk Desa Uso sebagai desa prioritas dan terkait pemberdayaan perempuan Ia meminta CSR agar melakukan pendampingan dan juga turun langsung dengan program-program yang bersifat pelatihan. Ia juga menyampaikan CSR harus memperhatikan PAUD dikarenakan ketika mengikuti pembinaan di Kabupaten, Dinas Pendidikan menurutnya pernah mengatakan CSR punya peran penting terhadap PAUD.

Keseluruhan tanggapan audience telah di catat oleh pihak CSR Rumah Pendamping Bonua Monondok, selama sosialisasi berlangsung mereka merespon setiap argumentasi yang disampaikan perwakilan masyarakat Desa Uso dan berpesan akan terus berbenah diri.

 

Posted by

Administrator

Pengelola Website Desa USO

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.